Minggu, 16 Agustus 2015

Struktur Dasar Algoritma "Follower-Technology"

Algoritma adalah Teknik penyelesaian masalah secara Sistematis dan Logis. (Sistematis disini berarti urutan langkahnya sesuai dari awal sampai akhir. dan logis yaitu masuk akal dan jelas). dari definisi tersebut maka struktur dari suatu algoritma yaitu Urutan(Sequence), Pemilihan/Percabangan (selection), Pengulangan (repetition/looping).

1. Urutan (Sequence)
Urutan Algoritma
Bentuk struktur sekuensial yaitu  langkah-langkah yang dilakukan dalam algoritma diproses secara berurutan, tahap demi tahapan. Yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan seperti gambar disamping.

Dimulai dari langkah pertama, kedua, dan seterusnya. Pada dasarnya suatu program memang menjalankan suatu proses dari yang dasar sampai menghasilkan sebuah output/hasil.











2. Pemilihan/Percabangan (Selection)
Seleksi
Struktur seleksi menyatakan pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan. Kondisi adalah penyeleksian suatu kondisi bernilai benar/salah. Struktur ini ditandai selalu dengan bentuk flowcart decision (flowcart yang berbentuk belah ketupat).
Beberapa kondisi seleksi yang sering digunakan yaitu:
  • if then
  • if then else
  • if then else if

3. Pengulangan (Reperation/Looping)
Looping
Struktur ini memberikan suatu perintah atau tindakkan yang dilakukan beberapa kali. seperti program yang menuliskan huruf "A" sebanyak 5 kali akan lebih efisien jika menggunakan sturktur ini dari pada sekedar menuliskannya berturut-turut sebanyak lima kali.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...